Hari ini...

Author: oengz // Category: ,
“..sudah..sudah,..jangan nangis terus,..dimakan ini singkongnya…ndak usah nunggu-nunggu tempe,…makan ini saja,..daripada malah sakit perut nanti .. ”
“Kipli kenapa Bu ?”
“..bosen katanya, ndak nafsu makan,..masa’ makan singkong terus,..lha mau gimana lagi to Pak,…koq ya bisa-bisanya sih tempe sama tahu itu mahal,..malah sekarang susah buuaangeet nyarinya…wong tempe itu kan makanan kita dari dulu,..dari jamannya Mbah buyut masih sugeng…dari jamannya Bung Karno masih sekolah dulu…coba pak,..gimana coba,..yang mahal itu mbok ya makanan buat orang kaya aja,..beras masih mahal,..minyak apalagi,..lha koq tempe malah ikut-ikutan…piye iki..lama-lama kita bisa mati stress ini Pak,..”
“Kulonuwun, Pak Sronto,…wah, wah,..lagi kumpul to,..”
“Monggo,..silakan masuk Pak Ujo..yah, biasalah ini Pak,..lagi ngobrol ngalor ngidul…sambil ngopi-ngopi Pak..monggo, silakan,..ngomong-ngomong habis dari mana to Pak ?”
“Baru nganter cucu saya berobat ke klinik Pak,..”
“Lho,..sakit apa to Pak ?”
“Wah sakitnya saya ndak paham Bu,.... biayanya itu lho yang bikin pusing,..mahal,..mau ngurus bantuan juga susah, ..ribet Bu,..tapi Alhamdulillah sudah agak baikan…saya lagi bingung juga ini Bu,..Pak… sawah saya yang di Kampung Karyan itu malah kebanjiran,..“
“Lho,..sawahnya Bapak kebanjiran to,..bukannya di situ tanahnya agak tinggi ?..oalaah nasib, nasiib…Hidup koq ya makin lama malah makin susah ya Pak ,.. apa-apa sekarang makin mahal,..mau nyekolahkan anak,..susah,.. ngurus orang sakit juga susah,.. semuanya mahal ..eh,..ditambah lagi banjir,..longsor,..gempa juga ndak mau kalah,….njur piye kuwi,..”
“Sudah, sudah Bu… yang sabar ,..jangan tambah mengeluh, ndak baik…mungkin Gusti Allah lagi ngasih cobaan buat kita semuanya,..sabar saja,..yang penting ikhlas,..”
“Coba pikir Pak,..masa’ kita terus yang harus sabar sih Pak,..mbok ya sekali-sekali orang-orang kaya itu yang pejabat-pejabat itu juga ikut merasakan seperti kita ini lho,..wong cilik, .. ndeso ..ndak punya apa-apa,.. serba susah,..masa’ tiap ada kenaikan harga-harga harus selalu kita yang jadi tumbal,..apa itu namanya bukan kedzaliman Pak,..kita-kita ini yang selalu paling susah,..iya to Pak..lain kali kalo ada coblosan lagi sama orang kampanye aneh-aneh kita ndak usah ikutan,..buang-buang tenaga,.. lha wong ndak ada hasilnya koq, malah mereka lupa sama kita-kita ini..”
“Bu ne,..ndak usah mikir macem-macem,..biarin aja, yang begitu itu sudah ada yang ngurus,..yang penting kita ini bisa bertahan hidup,..wis, itu aja, ndak usah neko-neko,..”
“Betul itu Pak Sronto,..yang penting kita ikhlas saja,..ya mau gimana lagi,.. memang nasibnya wong cilik ya seperti ini,..harus nrimo,..apa adanya,..harus siap jadi tumbal orang-orang kaya itu,..teriak-teriak juga percuma,..ndak ada gunanya, ndak bakalan didenger sama mereka,..Allah kan Maha Adil,..ndak usah khawatir,..pemimpin kita nanti yang akan diminta pertanggungjawabannya koq,.sudah tenang saja,..”

0 Responses to "Hari ini..."

Post a Comment