10 Tahun "MEI BERDARAH"

Author: oengz // Category: , , ,
Saya masih duduk di bangku SMA kelas 2 saat peristiwa ini terjadi. Saat itu saya tidak memahami detail dan kronologis peristiwa berdarah yang menjadi lembaran HITAM perjalanan sejarah bangsa ini. Meski demikian, saya selalu mengikuti segala perkembangan di sekitar MEI BERDARAH itu.

Beberapa hal yang saya tahu saat itu adalah telah terjadi ‘chaos’ di segala bidang yang disulut oleh kekacauan EKONOMI. Terutama adalah saat moneter Indonesia diserang spekulan asing. Sayangnya, fondasi ekonomi Indonesia sangat LEMAH. Nilai Rupiah merosot tak terkendali dan utang luar negeri membengkak. INFLASI gila-gilan terjadi pada kurun waktu 1997-1998. HARGA Sembako semakin tak terjangkau. Demonstrasi terjadi di seluruh Indonesia. Puncaknya terjadi pada bulan MEI 1998, saat Pemerintah mencabut subsidi BBM yang membuat RAKYAT semakin MENDERITA. APARAT bertindak BRUTAL menghadapi GEJOLAK MASSA yang terjadi saat itu. KERUSUHAN mulai merebak di berbagai kota. Ada beberapa pihak tertentu yang memunculkan isu SENTIMEN ANTI CINA di kalangan masyarakat, sehingga warga keturunan pun menjadi TARGET Kejahatan.

Bagitu banyak KONSPIRASI yang terjadi saat itu. Saya benar-benar tak mengerti bagaimana ini bisa terjadi. Sementara itu kondisi masyarakat terus berGEJOLAK. DEMO massa semakin mengGILA di berbagai KAMPUS di JAKARTA, AMBON, MEDAN maupun JAYAPURA.
bersambung

0 Responses to "10 Tahun "MEI BERDARAH""

Post a Comment