Affiliate Marketing

Author: oengz // Category: , ,
Istilah ini tentu tak asing lagi bagi sebagian besar orang Indonesia.Bahkan ada beberapa nama yang sukses menjadi marketer terkenal. Misalnya saja Anne Ahira (pendiri AsianBrain),Cosa Aranda, Bob Bastian,Dini Shanti dan masih banyak lagi.

Ada beberapa istilah untuk affiliate marketing, yaitu associate programs, bounty programs, referrer programs, partner programs atau revenue sharing programs. Sama saja.

Affiliate marketing merupakan salah satu cara untuk meraih penghasilan dari internet.Inti dari bisnis ini simpel saja, yaitu membayar jasa seseorang hanya jika ia berhasil menjual. Bagi yang tidak memiliki produk atau jasa untuk dijual bisa mencoba model bisnis seperti ini.Misalnya kita coba daftar menjadi partner perusahaan tertentu untuk membantu menjualkan produk mereka.Nah,jika kita berhasil menjual,maka perusahaan tersebut (biasa disebut Merchant) akan memberikan kita komisi atau bayaran.Komisi yang diberikan akan berbeda tergantung perusahaannya.Kira-kira seperti itulah Affiliate Marketing.
Untuk lebih jelasnya Anda bisa cari di Google beberapa contoh website yang menyediakan affiliate programs. Misalnya ketikkan "auto insurance+affiliate programs"(tanpa tanda petik ya..). Nah,nanti akan muncul banyak situs yang menyediakan program affiliate berkaitan dengan auto insurance.
Anda bisa coba juga dengan kata kunci yang berbeda.Misalnya "guitar course+affiliate programs".Atau kata kunci yang sesuai dengan hobi Anda sendiri.
Jika kita sudah menemukan produk yang cocok untuk dijual maka kita harus mendaftar menjadi affiliate mereka dengan mengisi form yang ada.Setelah aplikasi tersebut diterima dan
disetujui pihak merchant,kita akan memperoleh link khusus atau biasa disebut Affiliate Link dari si merchant tersebut.

Nah,tugas kita selanjutnya adalah mempromosikan Affiliate Link tersebut.Kita bisa promosikan lewat web atau blog kita,atau kita pasang iklan di Google atau apa pun terserah kita.
Jadi memang lebih baik kita harus mempunyai website atau blog terlebih dahulu untuk mengikuti affiliate program ini.
Siapa pun nanti yang membeli produk melalui Affiliate Link kita maka kita akan dibayar oleh pihak Merchant (biasanya sebulan sekali atau 2 minggu sekali).
Tapi ingat,promosikanlah dengan baik dan benar.Karena umumnya banyak merchant yang tidak segan-segan akan mem-PHK kita jika kita ketahuan melakukan cara-cara yang curang.

Ada beberapa tipe atau cara dalam affiliate marketing.
  1. Pay-per-sale affiliate program. Dalam program ini kita akan memperoleh keuntungan/komisi saat kita berhasil melakukan penjualan sebuah produk.
  2. Pay-per-lead- affiliate program. Ini adalah program affiliate yang memberikan pembayaran secara flat untuk setiap konsumen(prospect/leads) yang kita bawa ke merchant kita melalui affiliate link kita.Program ini biasanya ada dari situs asuransi,kredit rumah dan aplikasi pinjaman lainnya.Misalnya kita dibayar US$ 20 untuk setiap leads yang mengisi aplikasi secara lengkap meskipun nantinya ia tidak melakukan pembelian..Atau kita dibayar US $ 5 untuk setiap leads yang hanya mengisi alamat email saja, dan lain-lain.
  3. Pay-per-click affiliate program. Kita akan mendapatkan bayaran jika "link iklan" di website kita diklik oleh pengunjung kita.Program yang terkenal adalah Google Adsense.Kita menempatkan iklan yang diberikan Google di situs kita.Kemudian Google akan membayar kita jika ada pengunjung website kita yang mengklik link iklan tersebut. Tapi ingat,Google akan tahu jika kita melakukan kecurangan.Hukumannya pun tidak main-main. Mereka akan mem-banned kita dari account google.
  4. Pay-per-search affiliate program.Kita akan mendapatkan bayaran pada saat pengunjung mencari informasi melalui "search box" khusus yang telah kita tempatkan di situs kita, dan lalu mereka meng-klik salah satu link dari hasil pencariannya tadi.Misalnya kita menempatkan "kotak pencarian" di blog kita (biasanya Google Search).Lalu ada orang yang mencari sesuatu lewat kotak pencarian itu dan ia meng-klik satu atau lebih link hasil pencarian,maka kita mendapatkan bayaran.

Dan yang paling baru adalah Pay-per-play affiliate program.Program ini masih dalam pengembangan lebih lanjut karena memang masih baru.Bentuknya adalah dengan menggunakan file audio atau video dan kita tampilkan di web atau blog kita.Dan kita dibayar jika ada yang meng-klik iklan tersebut.Kita bisa lihat contohnya di sini.

Nah, itulah Affiliate Marketing yang mungkin membuat Anda tertarik mencobanya.

1 Response to "Affiliate Marketing"

Post a Comment