Memulai Bisnis Online

Author: oengz // Category: ,
Apa yang paling BERAT ketika memulai menjalankan sebuah bisnis online?
Jawabannya adalah : IDE ! Ini sangat penting.

Sebuah ide bisa menjadi penentu keberhasilan kita di masa mendatang. Ide tidak perlu terlalu rumit.Ide yang unik,simpel dan bermanfaat bisa jadi akan diminati banyak orang. Kita bisa dapatkan ide bisnis dari hal-hal yang paling kita sukai. Bisa berasal dari hobi dan minat kita.Yang paling penting adalah kita senang dan menikmati untuk melakukannya.

Kemudian lakukanlah RISET Pasar.Riset ini penting untuk menentukan apakah ide bisnis kita layak atau tidak untuk dikembangkan. Misalnya,tentukan Target Market Anda. Semakin spesifik target market Anda maka akan semakin bagus bagi bisnis Anda. Langkah selanjutnya adalah cari tahu siapa saja saingan kita. Kita bisa ketahui dari search engine (misalnya Google atau Yahoo).Misalnya ide bisnis kita tentang "guitar course", nah kita ketikkan kata "guitar course" di Google.Kemudian hasil yang muncul itulah yang menjadi pesaing kita. Kita lihat satu per satu web tersebut dan kita pelajari apa kelebihan dan kekurangan mereka. Selanjutnya adalah mencari tahu berapa banyak pasar yang menjadi target kita. Kita bisa menggunakan keyword suggestion tools untuk mengetahuinya.Kita tinggal ketikkan kata kunci (keyword) dalam tools tersebut dan angka yang muncul dari hasil pencarian itu menunjukkan frekuensi pasar dalam mencari kata tersebut.Perlu diingat bahwa di dunia Internet, satu kata adalah satu pasar.

Setelah riset tersebut dilakukan maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan konten atau isi yang sesuai dengan topik kita (bisa berupa artikel,foto atau video). Jika konten sudah siap kita bisa mengikuti affiliate program yang sesuai (ini jika kita tidak memiliki produknya).
Setelah itu kita bisa membuat website dan meng-online-kannya.
Jika semua sudah siap maka kita perlu mempromosikan website kita.

Ingat, kita harus melakukannya setahap demi setahap. Karena semua itu perlu proses.

Nah, selamat mencoba

0 Responses to "Memulai Bisnis Online"

Post a Comment