5 Important Rules in Website Design

Author: oengz // Category: ,
Saya yakin membuat web komersial yang menarik itu gampang.Dan sebagian dari kita pasti bisa melakukannya.Tapi tidakkah kita tahu bahwa tampilan web yang menarik itu belum tentu "menjual" dan menarik minat pengunjung untuk kembali lagi ke web kita.Mungkin karena animasinya terlalu banyak malah bisa-bisa membuat komputer lemot loadingnya.Atau juga karena navigasinya yang terlalu rumit malah membuat pengunjung akan kapok untuk datang lagi.Dan ujung-ujungnya penjualan yang kita lakukan malahan seret.

Nah, ada beberapa tips yang bisa dipertimbangkan untuk mengoptimalkan web kita.
  1. Do not use splash page. Apa itu SPLASH page?Kira-kira ya seperti halaman web yang penuh dengan nuansa animasi mungkin. Dan biasanya memiliki grafis sangat menarik cuma sayangnya mungkin terlalu berlebihan.Halaman ini biasanya merupakan halaman yang pertama kali kita lihat di sebuah web.Penampilan yang menarik memang diperlukan.Tapi akan jadi masalah jika itu terlalu berlebihan.
  2. Do not use excessive banner advertisement. Saking semangatnya jualan kadang-kadang membuat kita terlalu agresif.Sering kali kita menempatkan banyak banner yang justru tidak diperlukan.Lagi-lagi sesuatu yang berlebihan itu memang buruk kawan.Sebagian besar ahli marketing justru sudah meninggalkan hal seperti ini,yaitu tampilan banner yang buanyak dan nggak nyambung alias nggak relevan. Terlalu banyak banner justru akan jadi bumerang.Lagi pula,menyediakan konten menarik dan bermanfaat bukankah akan lebih menguntungkan.
  3. Have a simple and clear navigation. Ini juga tidak kalah penting.Sebuah web yang sangat menarik tidak akan membuat pengunjung kembali lagi jika menu navigasinya terlalu rumit dan bikin pusing.Mereka malah akan kabur. Jadi buatlah navigasi yang simpel dan mudah dipahami semua pengunjung bahkan oleh anak kecil sekalipun.Hindari penggunaan navigasi yang complicated dan aneh-aneh.
  4. Have a clear indication of where the user is. Ini kaitannya masih dengan navigasi yang mudah dipahami oleh pengunjung.Jangan sampai pengunjung malahan tersesat saat mereka asyik browsing di web kita karena mereka nggak ngerti mereka ada di halaman apa.Dan ujung-ujungnya lagi mereka malahan kabur dan mungkin nggak akan balik lagi.Jadi,petunjuk atau navigasi yang jelas dan mudah dipahami itu penting.
  5. Avoid using audio on your site. Anda harus hati-hati dengan penggunaan suara-suara di web Anda.Kita hanya perlu memastikan bahwa mereka tidak terganggu dengan audio itu.Oleh karena itu kita perlu memastikan apakah volume controlnya berfungsi dengan baik dan mudah digunakan.

Nah,..itu beberapa tips yang bisa kita pertimbangkan.Setidaknya bisa jadi tambahan wawasan kita.

0 Responses to "5 Important Rules in Website Design"

Post a Comment