Hari Pendidikan Nasional

Author: oengz // Category: , ,
2 Mei kemarin saya lupa kalo itu hari yang bersejarah juga, Hari Pendidikan Nasional. Yah maklum, namanya juga sudah ‘putus sekolah’ he.he..
Seperti yang telah menjadi kebiasaan kita, setiap hari bersejarah selalu diadakan ‘ritual’ peringatan. Ada beragam event dalam peringatan ini, tapi yang selalu jadi prioritas adalah UPACARA BENDERA. Pasti dong,...

Tapi,..setiap tahun kita memperingati HarDikNas ini kok hampir tak ada perubahan di bidang Pendidikan ya.
Sebenarnya apa sih MAKNA peringatan hari bersejarah itu sendiri? Apakah hanya dengan mengheningkan cipta dan Upacara Bendera lantas usai kewajiban kita? Tentu tidak.

Peringatan itu seharusnya menyadarkan kita akan cita-cita dari pelopor pendidikan itu dan mengingatkan kita akan tanggung jawab yang belum terselesaikan dalam pendidikan. Kita harus ingat bahwa banyak saudara-saudara kita yang masih belum menikmati indahnya pendidikan, karena apa??!! Ya karena pendidikan kita telanjur komersil dan tak manusiawi lagi. Akses pendidikan dan informasi masih tergolong sulit bagi kalangan bawah. Bagi mereka, meraih pendidikan atau bertahan hidup menjadi pilihan sulit,.... dalam kondisi seperti mereka, mempertahankan hidup jauh lebih penting dari hanya sekedar sekolah.

Akhirnya,..peringatan itu hanya sebatas ritual tahunan belaka. Sungguh sayang ya,...



0 Responses to "Hari Pendidikan Nasional"

Post a Comment