10 Tahun Tragedi Semanggi

Author: oengz // Category:


Saat peristiwa itu terjadi saya masih kelas II SMA. Tapi liputan kengerian yang terjadi begitu gencar menghiasi banyak media massa.. Nyaris tiada hari tanpa ketegangan pada tahun 1998.
Pada kasus Semanggi ini tercatat 6 mahasiswa tewas tertembak (,..."ditembak"). Selain mereka ada 11 korban lain yaitu 2 pelajar SMA, 2 orang aparat POLRI, 1 orang Satpam Hero Swalayan, 4 anggota PamSwakarsa dan 3 warga masyarakat. Bahkan ada seorang bocah usia 6 tahun yang terkena peluru nyasar (sumber: Kompas 13/11/2008)

Namun 10 tahun berlalu tanpa ada kejelasan penyelesaian kasus.
Sama seperti yang biasa terjadi di negeri ini bukan. Apalagi ini adalah kasus besar yang sistematis dan penuh konspirasi.

Hasil penyelidikan yang dilakukan KPP HAM pada 2001 menyimpulkan bahwa dalam tiga kasus itu (Tragedi Mei 1998, Semanggi I & II 1998) telah terjadi kejahatan terhadap kemanusiaan, yakni pembunuhan dan perbuatan tidak berperikemanusiaan yang berlangsung secara sistematis, meluas dan ditujukan kepada warga sipil. Perbuatan kejahatan itu dilakukan dengan inisiatif dan peranan penuh aparat TNI dan Polri yang menggunakan kekuatan dan alat kekerasan secara eksesif untuk mencapai tujuan politik mempertahankan kekuasaan.

Cuma masalahnya adalah kasus itu selalu tidak jelas alias muter-muter nggak ketemu juntrungnya. Mungkin karena kasus itu terkait dengan lingkaran kekuasaan baik sipil maupun militer di Jakarta. Jadi itu seperti sebuah lingkaran setan.
Siapa pemberi komando? Siapa dalang sesungguhnya? Pertanyaan seperti ini yang selalu muncul di benak para korban. Tapi jawabannya pun sama,..."Tidak Jelas.."

Berkas kasusnya pun selalu di Ping Pong kesana kemari dengan alasan yang dibuat-buat.
Jadi, itu tergantung pada keinginan politik pemerintah saja sebetulnya.

"Tapi mereka kan sibuk siap-siap buat Pemilu 2009,..jadi ya percuma.." kata si Kelik sambil cengengesan.
Hmmm,...

0 Responses to "10 Tahun Tragedi Semanggi"

Post a Comment